Dosen Sistem Informasi UNIPMA Ikuti Monev SmartCity Kota Madiun 

Kamis, 22 Februari 2024
Walikota Madiun bersama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun menyelenggarakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) capaian SmartCity Tahun 2023, dan strategi pencapaian SmartCity Tahun 2024.

Pada kegiatan tersebut, menghadirkan narasumber yaitu Prof. Dr. Ir. Marsudi Wahyu Kisworo, IPU selaku Dewan Pengarah Badan Riset, dan Inovasi Nasional. 
Serta turut hadir perwakilan dari akademisi, diantaranya bapak Andria, M.Kom. (MTA., MCE., MOS., MTCRE., CITPM.), dosen Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun. 

Menurut Andria, keberhasilan SmartCity tentu tidak terlepas dari human factor. Pada kesempatan tersebut, beliau menyampaikan pandangannnya tentang pentingnya peningkatan SDM melalui pelatihan dan sertifikasi IT, serta penguatan keamanan siber untuk mendukung optimalisasi SmartCity yang ada di Kota Madiun.

Universitas PGRI Madiun membuka peluang kerjasama, dan kolaborasi dengan pemerintah kota terkait upaya peningkatan kualitas SDM. UNIPMA merupakan satu-satunya perguruan tinggi di kota Madiun yang ditunjuk sebagai pusat penyelenggara pelatihan dan sertifikasi IT bertaraf internasional oleh Certiport, dan memiliki lisensi Certiport Authorized Testing Center.

Andria juga menuturkan bahwa keamanan siber juga menjadi bagian penting dalam implementasi SmartCity, dosen yang sering mengerjakan proyek IT, dan penelitian tentang cybersecurity tersebut juga menyebut bahwa perlunya pengujian keamanan sistem secara komprehensif sebagai upaya menjaga aset digital dan keberlangsungan dari penerapan SmartCity tersebut. Pungkasnya.