Melebarkan Sayap Kolaboratif Melalui Kuliah Tamu Creative Technopreneurship 

MELEBARKAN SAYAP KOLABORATIF, KERJASAMA PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIPMA DENGAN UNIRA MALANG, DI INISIASI MELALUI KULIAH TAMU CREATIVE TECHNOPRENEURSHIP.

Kerja sama antara perguruan tinggi semakin menjadi tren di dunia pendidikan. Program ini membawa manfaat signifikan bagi mahasiswa dan perguruan tinggi. Salah satunya kerja sama yang dilakukan oleh Program studi Sistem Informasi UNIPMA dengan UNIRA, dalam upaya peningkatan produktifitras tri dharma perguruan tinggi.

Salah satu contohnya kerja sama kuliah tamu yang sukses adalah antara Fakultas Teknik UNIPMA yang di inisiasi melalui perwakilan Program Studi Sistem Informasi Universitas PGRI Madiun (UNIPMA) dengan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Raden Rahmat Malang  (UNIRA). Dalam kerangka program ini, perwakilan dosen program studi sistem informasi UNIPMA Dimas Setiawan, M.Kom diundang sebagai pembicara tamu dalam matakuliah Technopreneurship dengan membawa tema Design Thinking For Creative Technopreneurs.

Fakultas Sains dan Teknologi (SAINTEK) UNIRA Malang melaksanakan kegiatan Kuliah Tamu dan Penandatangganan perjanjian kerjasama  dengan Universitas PGRI Madiun, mendatangkan dosen dari (UNIPMA), yaitu Dimas Setiawan, S. Kom., M. Kom sebagai narasumber.

Kuliah tamu ini diselenggaran Rabu (17/5/2023) bertempat di Gedung A Lt.3 Aula K.H Moh Sa’id UNIRA Malang, dengan tema “Design Thinking for Creative Technopreneurs”. Dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknik UNIPMA beserta jajaran, Dekan Fakultas SAINTEK UNIRA, Ka Prodi Fakultas SAINTEK UNIRA Malang, dosen Fakultas SAINTEK UNIRA Malang dan mahasiswa aktif UNIRA Malang.

Kuliah tamu ini merupakan agenda mata kuliah umum Tecnopreneurship yang ditempuh oleh semua mahasiswa Fakultas SAINTEK UNIRA Malang. Tecnopreneurship adalah mata kuliah entrepreneurship atau kewirausahaan yang focus di bidang teknologi.

Kegiatan ini di buka dengan sambutan Rektor UNIRA Malang H. Imron Rosyadi Hamid, SE., M.Si, “Kegiatan kuliah tamu ini adalah sebuah kegiatan kolaborasi dari dua lembaga yaitu UNIRA Malang dengan UNIPMA. Semoga dengan adanya kerjasama yang terus berkelajutan akan ada kegiatan-kegiatan yang bisa menambah nilai keunggulan bagi kedua Lembaga. Dan semoga dengan adanya kuliah tamu ini mahasiswa UNIRA Malang bisa medapat pengetahuan baru tentang entrepreneur serta bisa menjadi seorang entrepreneur muda yang berkualitas”.

“Semoga dengan adanya kegiatan kuliah tamu yang di selenggarakan oleh UNIRA Malang dengan UNIPMA, bisa menjadi kegiatan yang terus berkelanjutan, sebagai mana kegiatan ini juga sebagai uapaya kita untuk melaksanakan Tri Dharma Pergurauan Tinggi dimana kita harus saling kerjasama atau kolaborasi dengan antar Lembaga salah satunya dalam hal Pendidikan dan pengajaran”. Ungkap dekan Fakultas Teknik UNIPMA Nasrul Rofiah Hidayati, S.T.,M.Pd

“Alhamdulillah, ucapan trimakasih untuk semua pihak yang sudah membantu menyukseskan kegaiatan kuliah tamu ini. Kegiatan ini adalah salah satu upaya kita untuk berkolaborasi dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam proses pengajaran, semoga di agenda kita selanjutnya bisa kolaborasi dalam program MBKM atau program penelitian lainnya”. Ungkap dekan Fakultas SAINTEK UNIRA Malang Dr. Zainal Abidin, M.Si.

Dalam kuliah tamu ini, pemateri memaparkan tentang pemanfatan Design thinking framework dalam mencari ide bisnis, serta penerapan di kehidupan nyata berdasarkan pengalaman yang sudah dilalui. Selain melakukan pemaparan design thinking framework , pemateri juga membahas problematika yang biasa dihadapi oleh mahasiswa di berbagai angkatan hingga drama setelah lulus perkuliahan serta beberapa alternative solusi perubahan habit dan persiapan yang bisa dilakukan untuk kedepannya sebelum proses wisuda. Hal ini membawa antusiasme yang tinggi bagi teman mahasiswa fakultas teknik di UNIRA Malang. BAGI PUTRA / PUTRI TERBAIK BANGSA, YANG INGIN BERKONTRIBUSI MEMBANGUN INDONESIA dan INGIN MEMILIKI MENTAL POSITIF, PRODUKTIF, PRESTASI BISA BERGABUNG BERSAMA PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS PGRI MADIUN.