Yang Baru , Yang Berkarya, Maba Berprestasi 

Madiun - Mahasiswa baru di Program Studi Sistem Informasi pada dasarnya memiliki latar belakang yang berbeda, kapasitas intelgensi, komunikasi, minat dan bakat yang heterogen. Hal ini membuat manajemen program studi berupaya memberikan wawasan , motivasi, dan kesadaran terhadap tiap personal mahasiswa bahwa mereka adalah pribadi yang memiliki potensi yang bisa mengantarkan mereka sukses, asalkan mereka mau berupaya lebih keras dalam proses pembelajaran.

Dimas Setiawan, M.Kom selaku sekretaris program studi juga Pembina mahasiswa menuturkan “Saya percaya setiap mahasiswa yang masuk di program studi kami merupakan putra putri terbaik, dan mereka layak memiliki kesempatan untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki. Salah satu strategi yang biasa saya terapkan bersama tim manajemen program studi adalah berupaya menjadi teman belajar dan berproses mereka. Yang biasa kami lakukan tidak hanya menyuruh teman mahasiswa untuk mencoba mengikuti perlombaan/kompetisi, tapi kami senantiasa berupaya berbaur dengan mereka. Memfasilitasi mereka, membantu proses berpikir mereka, menang kalah bukan prioritas, tetapi memberikan yang terbaik itulah yang prioritas.” Dari prinsip dan teknis pendekatan berbasis “TEMAN MAHASISWA”, Mahasiswa baru program studi sistem informasi berhasil mendapatkan berbagai macam prestasi dari tingkat lokal hingga nasional.

“Saya masih ingat betul di tahun 2018, kami pernah mencoba berjuang perdana dengan teman mahasiswa baru angkatan 17  mengikuti lomba video competition tingkat lokal, tetapi kami tidak beruntung. Masih ingat betul momen kami kehujanan, kecapean, untuk persiapan lomba tingkat lokal tersebut, kecewa luar biasa ketika tidak mendapatkan hasil yang diinginkan. Tapi tidak disangka sangka kami malah beruntung mendapatkan Prestasi “PKM-KC” dengan Judul “APIK (Aplikasi pencari bakat dan Minat) di tahun 2018 ”. ditahun PKM-KC 2020 dengan judul “KALILI (Kami Beli Kami Peduli)”, PKM-KC 2021 dengan judul “SILA”(Social Media Self Development Indonesia), dan terakhir P2MW 2022 dengan judul PANDAWA. Prestasi yang kami raih merupakan hasil kerja sama antara seluruh dosen program studi, tenaga pendidik, dan teman mahasiswa yang senantiasa berkolaborasi dan mau bertumbuh bersama. Kami senantias setiap tahun bisa menghasilkan minimal 1 prestasi mahasiswa. Dan Alhamdulillah beberapa prestasi yang bisa kami dapat di awal tahun 2023 ini, mahasiswa semester 2 mendapatkan posisi di seleksi internal kampus. Yaitu Juara 1 NUDC atas nama teman kita yang bernama Muhammad Nur Iqbal Sidratul Muntaha dan juara harapan 1 KDMI atas nama teman kita yang bernama Sherley Andien” .”ujar Dimas Setiawan., M.Kom selaku Pembina Mahasiswa sejak tahun 2017 hingga sekarang.

 

Para peraih Prestasi di program studi sistem informasi UNIPMA didominasi oleh mahasiswa baru, dari semester 1 hingga 4. Hal ini diupayakan agar mahasiswa baru bisa mengeksplorasi lebih banyak energinya untuk mencoba berkompetisi, dan mencoba melatih mental supaya menjadi pribadi yang tidak gampang menyerah. Prestasi Mereka adalah bukti bahwa semangat juang, ketekunan, dan kerja keras dapat menghasilkan pencapaian luar biasa dalam berbagai bidang dan mendobrak potensi diri ke titik maksimal. Untuk Semester 5 hingga 8 biasanya fokus ke konsentrasi keahlian, lewat penugasan proyek mata kuliah, kegiatan magang, kegiatan pertukaran pelajar, hingga pelaksanaan skripsi.

Dengan adanya prestasi mahasiswa baru yang menakjubkan ini, diharapkan semakin banyak mahasiswa yang terinspirasi untuk terlibat dalam berbagai kompetisi dan mengembangkan bakat mereka, sehingga dapat memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan dan kemajuan negara kita. BAGI PUTRA / PUTRI TERBAIK BANGSA, YANG INGIN BERKONTRIBUSI MEMBANGUN INDONESIA dan INGIN MEMILIKI MENTAL POSITIF, PRODUKTIF, PRESTASI BISA BERGABUNG BERSAMA PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS PGRI MADIUN.